KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA
Berita
PRESS RILIS

PRESS RILIS "KPID DKI JAKARTA AWARD 2019"

27 Nopember 2019



KPID DKI JAKARTA AWARD 2019

“SIARAN BERKUALITAS MASYARAKAT CERDAS”

 

KPID DKI Awards 2019 adalah kegiatan Komisi Penyiaran Indonesia Provinsi DKI Jakarta sebagai bentuk penghargaan apresiasi KPID terhadap ikhtiar dan kerja keras Lembaga Penyiaran yang telah berupaya menyuguhkan program yang sehat, berkualitas serta mendidik.

Secara umum, hampir seluruh program Lembaga Penyiaran baik televisi dan radio tidak bisa lepas dari nuansa hiburan untuk menarik minat penonton dan pendengarnya. Sayangnya, tidak sedikit program bernuansa hiburan dimaksud memiliki konten yang kurang mendidik; penuh adegan kekerasan, pornografi, bullying, serta program tayangan dan siaran yang tidak ramah bagi perlindungan kepentingan anak. Oleh karenanya jika orientasi pada rating semata, tidak ayal program-program tersebut pada akhirnya kerap melanggar ketentuan yang sudah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

Undang-Undang No.32 tahun 2012 tentang Penyiaran sejatinya memberikan amanat bagi seluruh lembaga penyiaran agar dapat mewujudkan dunia penyiaran yang mampu membentuk jati diri bangsa, yang berakhlak mulia, berkepribadian dalam kebudayaan, dan mencerdaskan generasi bangsa. Sehingga terwujud karakter masyarakat yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Semangat untuk membentuk program siaran yang berkarakter inilah yang terus didorong oleh KPID DKI Jakarta sebagai sebuah lembaga negara independen di bidang penyiaran, melalui ajang KPID DKI Awards 2019.

KPID DKI Jakarta Awards 2019 yang dimulai dari Oktober hingga November 2019, serta diikuti oleh 20 Lembaga Penyiaran Televisi dan 13 Lembaga Penyiaran Radio ini akan memperebutkan 13 kategori penghargaan untuk LP serta 2 kategori special awarding .

Program kategori untuk LP meliputi:

1. Program anak

2. Program animasi

3. Program talkshow televisi

4. Program talkshow radio

5. Program televisi wisata budaya dan eksplorasi DKI Jakarta

6. Program radio wisata budaya dan eksplorasi DKI Jakarta

7. Program berita/jurnalistik televisi liputan khusus DKI Jakarta

8. Program berita/jurnalistik radio liputan khusus DKI Jakarta

9. Iklan Layanan Masyarakat DKI Jakarta televisi

10. Iklan Layanan Masyarakat DKI Jakarta radio

11. Lembaga penyiaran televisi konten lokal terbaik

12. Lembaga penyiaran radio konten lokal terbaik

13. Lembaga penyiaran monitoring & evaluasi terbaik.

Special awarding:

1. Tokoh inspiratif Peduli Penyiaran DKI Jakarta.

2. Pemerintah provinsi DKI Jakarta Peduli penyiaran.

Ketua KPID Provinsi DKI Jakarta, Kawiyan berharap dengan diadakannya KPID DKI Jakarta Award 2019 ini dapat memberi support bagi perkembangan Lembaga Penyiaran di DKI Jakarta. “Melalui ajang penganugerahan KPID Award diharapkan dapat memupuk semangat Lembaga Penyiaran dan insan yang terlibat di dalam nya untuk menayangkan program siaran terbaik dan sesuai dengan P3SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran).”

 

Jakarta, 22 November 2019

 

Puji Hartoyo

Koordinator KPID DKI Jakarta Award 2019

Koordinator Pengawasan Isi Siaran KPID DKI Jakarta

Hp : 085777591597


Selamat Datang di Website Resmi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah - Provinsi DKI Jakarta Visi "Terwujudnya sistem penyiaran nasional yang berkeadilan dan bermartabat untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat."