KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA
Berita
Semarakkan Harsiarnas, KPID DKI Adakan Donor Darah

Semarakkan Harsiarnas, KPID DKI Adakan Donor Darah

29 April 2021



Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan donor darah dalam rangkai peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-88 tahun 2021. Donor drah dilakukan di markas PMI Provinsi DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021).

 

Donor darah diikuti lebih dari 30 pendonor yang berasal dari berbagai latarbelakang profesi. Ada yang berasal dari lembaga penyiaran (radio dan televisi), organisasi seperti Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI), serta komisioner dan tenaga ahli Komisi Informasi (KI) Provinsi DKI Jakarta. Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) Syafril Nasution juga hadir dan ikut mendonorkan darahnya.

 

Wakil Ketua KPID Provinsi DKI Jakarta, Rizky Wahyuni mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian KPID Provinsi DKI Jakarta. Terlebih, pelaksanaannya digelar menjelang bulan Ramadan.
"Sebagai bentuk kepedulian insan penyiaran DKI Jakarta terhadap kemanusiaan terutama menjelang Ramadan yang akan dimulai besok. Biasanya stok darah berkurang selama Ramadan. Kami dari KPID DKI Jakarta masih dalam rangkaian peringatan hari Penyiaran Nasional (Hasiarnas) melaksanakan acara donor darah," ujar Rizky.

 

Menurut Rizky, sejak terjadinya pandemi COVID-19, stok darah di PMI juga mengalami pengurangan berdasarkan data mencapai 60 persen, akibat dari berkurangnya jumlah pendonor. Selain itu, adanya gerakan vaksinasi nasional juga menjadikan para pendonor menurun karena harus menunggu masa 14 hari setelah vaksin baru dapat mendonorkan darahnya kembali.

 

"Banyak orang yang dulunya pendonor aktif selama pandemi, membatasi aktivitas di luar rumah memilih tidak mendonorkan darahnya. Kami prihatin atas penurunan jumlah pendonor selama pandemi ini. Bagaimanapun darah merupakan sumber kehidupan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan," katanya. Ia menambahkan, kebutuhan akan darah menjadi kebutuhan penting bagi pasien rutin seperti penderita kelainan darah thalasemia dan hemofilia, orang dengan kelainan ginjal, pasien emergency serta pasien Demam Berdarah Dengue (DBD).

 

"Setetes darah yang kita berikan pasti sangat bermanfaat bagi saudara kita yang membutuhkan. Untuk itu kami mengajak masyarakat Jakarta dapat memberikan


Selamat Datang di Website Resmi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah - Provinsi DKI Jakarta Visi "Terwujudnya sistem penyiaran nasional yang berkeadilan dan bermartabat untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat."